Komisi I Ungkap Tak Ada Larangan Perangkat Desa Dirombak Kades Terpilih

Rujukanmedia.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor, Provinsi Jawa Barat belum membuat Peraturan Bupati (Perbup) dari Peraturan Daerah (Perda) nomor 1 tahun 2021 tentang Perangkat Desa.

Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Bogor, Usep Supratman mengatakan, perda tersebut dibuat agar kepala desa (Kades) tidak sewenang-wenang mengganti perangkat desa berbarengan dengan pergantian kades.

Namun, kata dia, perda tersebut masih belum bisa diaplikasikan hingga kini, lantaran belum ada perbup yang menguatkan perda tersebut.

“Kita sudah bikin Perda Perangkat Desa, sampai saat ini saya kejar ke perundang-undangan, sudah ada persetujuan dari Provinsi, tapi Perbupnya belum keluar,” kata Usep Supratman, Jumat 28 April 2023.

Usep Supratman, Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Bogor hadir bersama Forkopimda Kabupaten Bogor

Menurut dia, Perbup yang terkendala itu, lagi-lagi disebabkan oleh status kepala daerah di Kabupaten Bogor yang berstatus Pelaksana Tugas (Plt).

“Lagi-lagi, karena (Bupatinya) masih Plt,” papar Usep Supratman.

Diketahui, DPRD dan Pemerintah Kabupaten Bogor telah mensahkan Perda Perangkat Desa pada Desember 2020 lalu.

Salah satu tujuan pembuatan Perda tersebut yakni agar tata kelola Pemerintah Desa lebih rapih. Di dalamnya, Perangkat desa memiliki hak untuk menyandang status Perangkat desa hingga berumur 60 tahun, meski dengan Kades yang berbeda.

“Garis besarnya mereka (Perangkat Desa) pensiunnya di 60 tahun,” tutup Usep Supratman.

Tinggalkan Balasan