6 Tips Mengatasi Rambut Rontok Secara Alami

RUJUKANMEDIA.COM – Cara mengatasi rambut rontok alami rambut rontok sangat beragam. Selain melakukan perawatan dari luar, mencukupi asupan nutrisi tertentu yang mampu menguatkan akar dan merangsang pertumbuhan rambut juga diperlukan agar kerontokan rambut berkurang.

Rambut rontok merupakan hal yang umum terjadi. Dalam 1 hari, normalnya akan ada sekitar 50–100 helai rambut yang rontok. Jika jumlahnya lebih dari itu dan berlangsung terus-menerus, Anda sedang mengalami rambut rontok parah dan perlu mendapatkan penanganan yang tepat agar tidak alami kebotakan.

 

Penanganan rambut rontok sendiri sangat beragam. Sebelum menggunakan obat penumbuh rambut, terapi laser, atau prosedur transplantasi rambut, tidak ada salahnya mencoba berbagai cara alami mengatasi rambut rontok yang mudah dilakukan di rumah.

Ini Cara Alami Mengatasi Rambut Rontok

Meski terkesan sederhana, perawatan rumahan bisa membantu mengatasi rambut rontok, bahkan merangsang pertumbuhan rambut. Berikut ini adalah beberapa cara alami mengatasi rambut rontok yang bisa dicoba:

1. Tidak terlalu sering keramas

Banyak yang mengira bahwa keramas setiap hari dapat menjaga kondisi rambut tetap sehat. Padahal, ini tidak sepenuhnya benar. Keramas menggunakan sampo terlalu sering justru dapat menyebabkan rambut rusak, kering, mudah patah, dan terlihat lebih tipis.

Apalagi jika Anda mengeringkan rambut dengan cara menggosok rambut menggunakan handuk. Oleh karena itu, Anda dianjurkan untuk keramas sebanyak 1–3 kali saja dalam seminggu. Selanjutnya, keringkan rambut dengan cara menepuk handuk ke rambut secara lembut.

2. Tata rambut dengan lembut

Berbagai metode penataan rambut, seperti mewarnai, mencatok, dan mengeriting rambut, bisa membuat rambut rusak dan kering serta mengiritasi kulit kepala. Sementara itu, kebiasaan mengikat dan mengepang rambut terlalu kencang juga dapat menyebabkan akar rambut tertarik, sehingga rambut menjadi mudah rontok.

Guna meminimalkan kerontokan rambut dan menjaga kulit kepala tetap sehat, sebaiknya hindari penataan rambut yang telah disebutkan di atas. Bila Anda hendak mengeringkan rambut dengan pengering rambut, hindari menggunakan suhu panas karena bisa membuat rambut cepat rusak.

3. Terapkan pola hidup sehat

Beberapa jenis penyakit, seperti kurang gizi dan anemia atau kurang darah, bisa menjadi penyebab rambut rontok. Oleh karena itu, untuk mencegah dan mengatasi kerontokan rambut, cobalah untuk menjalani pola hidup sehat dengan mengonsumsi makanan sehat dan berolahraga secara rutin.

4. Gunakan minyak rambut

Penggunaan minyak rambut juga bisa mengurangi kerontokan. Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk memanfaatkan minyak alami, seperti minyak kelapa, untuk merawat rambut Anda yang rontok.

Minyak kelapa mengandung asam lemak sehat yang dibutuhkan untuk merangsang pertumbuhan rambut baru. Untuk mendapatkan manfaat ini, Anda dapat mengoleskan minyak kelapa ke kulit kepala secukupnya, lalu pijat secara lembut dengan gerakan memutar.

Oleskan sisa minyak yang menempel di tangan ke bagian rambut lain, termasuk ujung rambut. Setelah itu, tutupi dengan handuk dan diamkan semalaman, lalu keramaslah hingga bersih.

5. Pakai masker rambut

Rutin menggunakan masker rambut tidak hanya bisa membuat rambut menjadi lebih lembap, tetapi juga bisa mengurangi kerontokan rambut. Makser untuk rambut rontok bisa Anda buat sendiri di rumah dengan memanfaatkan bahan-bahan alami, seperti kuning telur dan lidah buaya.

Kuning telur mengandung vitamin A, biotin, asam amino, dan folat yang bisa meningkatkan pertumbuhan rambut. Sementara itu, lidah buaya mengandung vitamin C, vitamin E, vitamin B12, asam folat, dan kolin yang berguna untuk memperkuat rambut.

6. Cukupi asupan nutrisi rambut

Tak hanya dari luar, Anda juga harus merawat rambut dari dalam dengan cara mengonsumsi makanan bergizi agar kerontokan rambut bisa berkurang. Beberapa nutrisi yang dibutuhkan untuk mengatasi rambut rontok meliputi vitamin A dan zinc.

Vitamin A dibutuhkan untuk merangsang pertumbuhan rambut, sehingga rambut tidak menjadi tipis. Zinc pun demikian. Nutrisi satu ini juga dibutuhkan untuk merangsang pertumbuhan dan memperbaiki jaringan rambut serta menjaga kelembapan alami rambut. Selain itu, tambahan kandungan krim argan dan esens alpukat dari luar dapat membantu menjaga kilau alami dan menguatkan rambut, sehingga rambut tetap sehat.

Jika cara alami mengatasi rambut rontok yang telah disebutkan di atas sudah diterapkan tetapi kerontokan rambut tidak juga tertangani, cobalah konsultasikan ke dokter. Dokter akan melakukan pemeriksaan untuk memastikan penyebab dari kerontokan guna menentukan perawatan atau penanganan yang tepat.

Posting Terkait

Tinggalkan Balasan