Belum Rampung, Plt Bupati Bogor Usulkan Bomang jadi Jalan Nasional

Rujukanmedia.com – Pelaksana tugas (Plt) Bupati Bogor Iwan Setiawan mengusulkan kepada pemerintah pusat menjadikan Bojonggede-Kemang atau Bomang berstatus jalan nasional, meski pembangunannya belum selesai.

“Kita juga mengusulkan jalan ini berubah status menjadi jalan nasional agar berkelanjutan pembangunannya bisa dibantu oleh pusat,” kata Iwan dalam akun Instagram pribadinya @iwansetiawan.70, Selasa (6/6/2023).

Pemerintah Kabupaten Bogor sejauh ini baru sebatas membangun jalur lambat di akses yang menghubungkan Jalan Raya Parung dengan Jalan Raya Bogor itu. Pembangunan jalur lambat pun belum rampung keseluruhan karena terkendala jalur rel kereta listrik (KRL).

Baca juga: Kesal Sering Disalahkan Soal Infrastruktur, Plt Bupati Serang Balik DPRD

“Karena kalau pakai anggaran APBD kita akan terkuras untuk jalan ini doang jadi selain mengusulkan underpass untuk mengusulkan jalan ini diambil atau didanai oleh APBN yang cepat,” kata Iwan.

Pada tahun 2019 silam, Pemerintah Kabupaten Bogor memperkirakan butuh biaya sekitar Rp1,6 triliun untuk menyambungkan Jalan Tegar Beriman Cibinong dengan Jalan Raya Parung via Bomang.

Baca juga: Ketua DPRD Kabupaten Bogor, Rudy Susmanto Sorot Buruknya Kinerja DPU-PR

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), Soebiantoro, menjelaskan bahwa jalur yang memiliki panjang 8,5 kilometer itu tak hanya terdiri dari jalan arteri, melainkan juga jalan layang atau flyover.

“Butuh underpass atau flyover, gak mungkin lah kalau di cover APBD semua. Nanti kita coba untuk meminta bantuan APBN,” ujar pria yang akrab disapa Bibin itu.

Baca juga: Dewan Semprot Plt Bupati Bogor Iwan Setiawan Soal Banyak Jalan Rusak Dibiarkan

Tinggalkan Balasan