Rahasia Sedekah Tanpa Mengeluarkan Uang Sepeserpun

RUJUKANMEDIA.COM – Sedakah menjadi salah satu amalan yang dianjurkan dalam Islam. Ibadah sunah ini tak harus selalu dikerjakan dengan uang atau harta benda. Ada jenis sedekah yang mudah dilakukan.

Sedekah berasal dari bahasa Arab, “صَدَقَةٌ” atau “صَدَقَةُاالتَّطَوُّعِ” yang artinya sedekah sunah. Hal ini sebagaimana dijelaskan dalam Fikih Madrasah Ibtidaiyah Kelas V oleh Yusak Burhanudin dan Muhammad Najib.

Sementara itu, menurut istilah, sedekah adalah memberikan sesuatu kepada yang berhak menerimanya dan semata-mata mengharap rida Allah SWT.

Umumnya sedekah dikeluarkan berupa uang atau harta. Namun, sedekah juga bisa berbentuk bantuan, ilmu, pertolongan, dan perbuatan baik lainnya.

Inilah sedekah yang sangat mudah untuk dikerjakan oleh umat Islam, bahkan tidak membutuhkan banyak tenaga dan tanpa uang sepeser pun.

 

1. Senyum

Sedekah yang paling mudah dilakukan oleh seorang Muslim adalah memberikan senyuman kepada keluarga, teman, tetangga, dan orang lain. Hal ini sebagaimana dijelaskan dalam buku The Way of Muslimah karya Bakriatul Husna dan Icha Nurfaisya.

Senyum digolongkan sebagai sedekah yang paling mudah. Hal ini didasarkan pada sebuah hadits yang dikatakan oleh Rasulullah SAW, beliau bersabda,

“Senyum terhadap saudaramu adalah sedekah. Engkau memerintahkan kepada kebaikan dan mencegah kemungkaran adalah sedekah. Engkau menunjukkan kepada seseorang jalan di wilayah yang dia tidak ketahui adalah sedekah. Engkau membantu memberikan petunjuk kepada orang yang penglihatannya buruk adalah sedekah. Engkau memindahkan batu, duri, atau tulang dari jalanan itu sedekah. Engkau memenuhi air di tempayan saudaramu dengan air dari tempayanmu itu sedekah.” (HR At Tirmidzi)

Di lain kesempatan, Rasulullah SAW juga mengatakan bahwa sedekah itu terhitung sebagai ibadah. Beliau bersabda,

“Tersenyum ketika bertemu dengan saudara kalian adalah termasuk ibadah.” (HR At-Tirmidzi, Ibnu Hibban, dan Al-Baihaqi)

Senyum termasuk ibadah yang paling mudah. Dengan menampilkan gerak ekspresif seakan tertawa pada muka kita tapi tanpa suara, maka kita sudah melakukan suatu ibadah.

Inilah cakupan dan keistimewaan dalam agama Islam. Hal-hal yang kecil diperhatikan dan begitu dihargai.

Senyum adalah sedekah. Oleh sebab itu, hendaknya seorang muslim memperbanyak tersenyum kepada orang-orang. Banyak senyum kepada orang lain bisa menimbulkan pahala yang begitu baik dari Allah SWT.

Terlebih lagi, tersenyum dapat membawa banyak manfaat untuk orang yang melakukannya. Seperti contohnya adalah membuat tubuh lebih sehat dan wajah akan terlihat awet muda.

Sebagai orang Islam tentu kita harus selalu menebarkan senyuman kepada orang lain. Seperti halnya yang dicontohkan oleh Rasulullah SAW.

Dikutip dari buku Mukjizat Sedekah Lipat Ganda Sampai 700 Kali karya Aleeya Syaquila Al-Fathunnisa, Rasulullah SAW adalah pribadi yang murah senyum. Maka sebaiknya kita mencontoh beliau dan mulai membiasakan diri untuk selalu menebarkan senyuman.

2. Salam

Selain menebarkan senyum, kita juga dituntunkan untuk selalu menebarkan salam kepada saudara seiman kita. Hal ini sesuai dengan hadits yang diambil dari buku Jalan Menggapai Ridho Ilahi karya Abdul Aziz Ajhari, dkk.

Abi Umamah RA berkata, “Nabi SAW telah memerintahkan kepada kami untuk menebarkan salam.” (HR Ibnu Majah)

Dalam riwayat lain juga dijelaskan, dari Abu Hurairah RA berkata, “Saya mendengar Rasulullah SAW bersabda: Kalian tidak akan masuk surga hingga beriman, kalian tidak akan (sempurna) imannya hingga saling mencintai di antara kalian. Maukah aku tunjukan kepada kalian tentang sesuatu yang apabila dikerjakan kalian akan saling mencintai? Tebarkanlah salam di antara kalian.” (HR Muslim)

Jangan takut untuk bersedekah, karena dengan bersedekah amal baik kita adalah penolong kita di akhirat nanti.

Tinggalkan Balasan