Inilah 7 Jenis Sayuran yang Langka di Dunia Sampai Hampir Punah

RUJUKANMEDIA.COM – Sayuran juga memiliki beragam manfaat bagi tubuh. Misalnya sayur-sayuran hijau yang dapat menjaga keseimbangan kolesterol dan tekanan darah. Lalu, sayuran juga dapat memperlancar buang air besar karena kandungan seratnya.

Di Indonesia, sayuran hijau seperti bayam, kangkung, caisim, dan kacang panjang menjadi langganan bahan masak. Namun, beberapa sayuran paling langka ini hanya tumbuh di beberapa tempat di dunia, Bunda.

 

Bahkan, ada sayuran yang sudah dikira punah, tapi ada kembali. Langsung saja simak 7 sayuran paling langka dikutip dari beberapa sumber:

1. Achojcha

Achojcha, images sumber: Shutterstock

 

Achojcha atau yang disebut caigua merupakan sayuran paling langka di dunia. Sayuran ini mirip dengan mentimun, tetapi bentuknya seperti alpukat. Hal yang membuatnya langka adalah karena sayuran ini tidak tumbuh di alam liar, Bunda. Masyarakat di pegunungan Andes sudah menanam sayuran ini sejak lama.

Achojcha dapat dimakan mentah atau dimasak dalam sup dan salad. Secara tradisional, sayuran ini memiliki manfaat sebagai obat. Misalnya menurunkan kolesterol dan anti radang.

 

2. Candy Roaster Squash

Candy Roaster Squash, images sumber: restorasion seeds

Sayuran paling langka selanjutnya berasal dari Amerika Serikat, yaitu Candy Roaster Squash. Jenis labu ini dibudidayakan oleh suku Cherokee di Amerika Serikat.

Sesuai namanya, labu ini memiliki rasa yang manis dan harum. Beratnya bisa mencapai 6kg perbuahnya, Bun. Candy Roaster Squash biasanya dimasak sebagai pengganti ubi dalam sup, dipanggang, bahkan pie.

 

3. Ethiopian Kale

Ethiopian kale, images sumber: west coash seed

Sayur kale yang tumbuh di Ethiopia memiliki rasa dan bentuk yang berbeda dari kale biasanya. Tekstur sayurannya jauh lebih keras dan tahan terhadap penyakit dan hama. Kale ini telah ditanam dan dimakan di Afrika Timur dan Utara selama ribuan tahun.

Jika sayur kale biasa memiliki rasa pahit yang kuat, kale Ethiopia tidak terlalu pahit, Bun. Sayuran paling langka dari Afrika ini juga kaya akan asam folat dan asam askorbat yang baik untuk kesehatan tubuh.

 

4. Gete-Okosomin

Gete-okosomin images sumber: Pinterest

Sayuran paling langka berikutnya masih dari keluarga labu, yaitu Gete-Okosomin. Labu yang tumbuh di Indiana, Amerika Serikat ini tadinya dikira sudah punah, Bunda. Namun ternyata, cerita tersebut tidak benar dan sayuran ini masih dibudidayakan oleh warga Indiana.

Arti dari nama labu ini dalam Bahasa Canada adalah labu tua yang besar. Satu buahnya dapat tumbuh sepanjang 60cm hingga 90cm dan memiliki berat hingga 8kg.

 

5. Makah Ozette

Makah ozette atu potato ozette, images sumber : Wikipedia

Makah Ozette adalah salah satu jenis kentang asli yang ditanam oleh penduduk asli Amerika Serikat. Berbeda dengan bentuk kentang pada umumnya yang bulat, kentang ini berbentuk seperti jari yang gemuk dan memanjang, Bunda.

Kentang ini tidak pernah dikatalogkan oleh orang asing hingga tahun 1980an, Bun. Pada tahun 2004, sebuah penelitian menunjukkan bahwa kentang Makah Ozette sebenarnya datang dari Amerika Selatan dan dibudidayakan oleh penduduk asli Amerika Utara dari lama, dikutip dari Rarest.org.

 

6. Marama

Marama,images sumber: Shutterstock

Marama adalah sayuran polong berumur panjang dan kuat yang tumbuh di bagian selatan benua Afrika. Sayuran paling langka ini memiliki komposisi dan nilai nutrisi yang sama seperti kacang kedelai dan kacang tanah. Biji marama bisa dipanggang dan dimakan serta dapat diolah menjadi tepung dan susu.

Namun, sayuran ini tumbuh dengan cepat di lingkungan yang panas dan kering. Selain itu, sayuran ini juga tidak ditanam khusus oleh masyarakat Afrika terlepas dari nilai gizinya yang tinggi.

 

7. Mauka

Mauka, images sumber: Cultivariabel

Selain marama, sayuran mauka juga merupakan salah satu tanaman yang kurang dimanfaatkan oleh penanamnya. Sayuran umbi-umbian ini berasal dari Andes dan akarnya dapat tumbuh sebesar lengan pria dewasa.

Batang dan akar Mauka dapat dimakan, tetapi untuk mengonsumsi akarnya harus dijemur dan direbus terlebih dahulu untuk mematikan kuman.

Akar mauka dapat dimasak dalam sop dan resep lain sebagai pengganti ubi atau singkong. Daun mauka juga dapat dimakan sebagai salad atau sambal. Masyarakat Bolivia memanfaatkan aur rebusan mauka yang manis sebagai minuman.

Yang kita tau sayuran hanya itu-itu saja, ternyata banyak sekali jenisnya sampai ada yg sudah mau punah. Semoga informasi diatas bisa menambah wawasan kita ya.

 

Tinggalkan Balasan