Ternyata Ada Aturan Minum Air Kelapa Muda, Jangan Sembarangan!

RUJUKANMEDIA.COM –  Manfaat air kelapa muda kebanyakan berasal dari kandungan elektrolitnya seperti kalium, kalsium dan magnesium. Cairan dengan kandungan elektrolit dengan cepat mengganti cairan yang hilang dari tubuh terutama buat mereka yang banyak berolahraga, sakit diare dan muntah-muntah.

Sementara bagi yang sehat, air kelapa muda cukup mampu melepas dahaga dan memiliki rasa lebih nikmat ketimbang air putih biasa.

Ternyata ada beberapa aturan minum air kelapa muda yang patut Anda ketahui. Berikut penjelasannya:

 

1. Langsung minum saat buah dibuka

Air kelapa muda paling baik diminum segar atau segera setelah buah kelapa dibuka. Kenapa?

Mengutip dari Stylecraze, buah kelapa yang dibuka terlalu lama membuat air kelapa bisa banyak kehilangan nutrisi.

 

2. Takaran dijaga

Air kelapa muda terbilang air yang aman untuk dikonsumsi harian. Namun yang perlu diingat, air kelapa mengandung sejumlah kalori.

Mengutip dari Mayo Clinic, sebanyak 8 ons air kelapa mengandung 45-60 kalori. Tentu jika porsi terlalu banyak, asupan kalori ke tubuh juga besar. Kemudian dalam sehari, ada kalori-kalori dari asupan lain sehingga jika Anda sedang diet, sebaiknya tetap perbanyak air putih.

 

3. Bebas diminum kapan saja

Air kelapa aman dikonsumsi kapan pun. Air kelapa yang dikonsumsi pagi hari mampu membantu meningkatkan metabolisme dan mendorong pembakaran lemak. Ibu hamil dianjurkan minum air kelapa muda untuk melawan dehidrasi dan konstipasi.

Melansir dari Times of India, air kelapa pun baik diminum sebelum dan sesudah berolahraga agar tubuh tetap terhidrasi.

 

4. Hati-hati diare

Aturan minum air kelapa muda salah satunya jangan dikonsumsi terlalu banyak. Melansir dari Mind Body Green, air kelapa muda bisa bersifat laksatif, meningkatkan kadar kalium dan memicu diare.

Bukan terhidrasi, tubuh malah kehilangan banyak cairan gara-gara terlalu banyak minum air kelapa.

 

5. Batasi konsumsi buat penderita penyakit ginjal

Orang dengan penyakit ginjal biasanya memiliki ginjal dengan fungsi tidak sampai 100 persen. Oleh karenanya, disarankan untuk membatasi konsumsi air kelapa muda.

Kadar kalium berlebihan bisa mengganggu dan merusak kinerja ginjal.

 

5. Diabetes? Tak boleh lebih dari segelas per hari

Air kelapa mungkin pilihan yang lebih sehat dibanding minuman kemasan dengan gula tambahan. Namun bukan berarti minuman ini sepenuhnya aman buat penderita diabetes.

Aturan minum air kelapa muda buat orang dengan diabetes sebaiknya tidak lebih dari segelas per hari.

Semoga informasi diatas bisa menambah wawasan kita ya, bahwa air kelapa tidak selamanya baik untuk kesehatan tubuh kita.

Tinggalkan Balasan