Inilah Jus Buah yang Bisa Meningkatkan Daya Ingat

RUJUKANMEDIA.COM – Semua orang tentu menginginkan punya daya ingat yang tajam. Ingatan yang tajam tentunya membuat Anda lebih fokus, cerdas, dan produktif dalam kehidupan sehari-hari.

Banyak orang memilih untuk mengonsumsi suplemen nootropik untuk meningkatkan daya ingat. Nootropik adalah senyawa alami atau sintetis yang dapat meningkatkan fungsi otak.

Meski demikian, melansir dari halaman Healthline, ada beberapa minuman yang mengandung senyawa nootropik alami.

Minuman ini bisa Kamu jadikan jus dan dikonsumsi secara rutin untuk menambah daya ingat kamu.

Berikut Inilah ada Cara Efektif agar Tidak Mudah Lupa, dengan 5 Buah Anti-Pikun, Bantu Tingkatkan Daya Ingat, simak ya!

1. Blueberry

Buah berwarna gelap dengan kandungan antosianin ini memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi yang cukup tinggi. Mengutip WebMD, kedua zat ini sangat bagus untuk otak, karena bisa melawan stres oksidatif yang memicu peradangan.

2. Buah bit

Bit adalah sayuran akar. Jus bit kaya akan antioksidan yang melindungi dari zat perusak dalam tubuh yang disebut radikal bebas.

Bit juga memiliki nitrat yang mengendurkan pembuluh darah dan dapat membantu mengurangi tekanan darah tinggi – risiko stroke dan demensia. Ditambah lagi, jus manis dan bersahaja ini membantu melawan rasa lelah.

3. Jus jeruk

Salah satu jus untuk meningkatkan daya ingat adalah jeruk. Dalam satu cangkir jus jeruk menyediakan 93 persen kebutuhan vitamin C harian. Vitamin C dalam jeruk juga memiliki manfaat neuroprotektif.

Sebuah tinjauan dalam jurnal Nutrients pada 2017 terhadap 50 penelitian pada manusia menemukan bahwa mereka yang memiliki kadar vitamin C dalam darah lebih tinggi memiliki skor perhatian, ingatan, dan bahasa yang lebih baik dibandingkan mereka yang memiliki tingkat darah atau asupan vitamin C yang lebih rendah.

4. Jus delima

Jus untuk meningkatkan daya ingat selanjutnya adalah jus delima. Delima dikenal sarat dengan sifat antioksidan yang membantu memperbaiki kerusakan sel otak dan tubuh akibat radikal bebas.

Selain itu, mengutip Times of India, minum jus delima membantu meningkatkan sirkulasi darah, yang selanjutnya meningkatkan suplai oksigen ke otak dan meningkatkan fungsi otak.

Minum jus delima di tengah waktu makan juga dapat membantu meningkatkan kesehatan otak dan daya ingat.

5. Jus ‘hijau’

Jus buah dan sayuran hijau bisa diminum untuk meningkatkan daya ingat. Jus hijau merupakan kombinasi antara buah dan sayuran berwarna hijau, seperti bayam, mentimun, apel hijau, dan serai.

Jus atau smoothie hijau juga mengandung bahan-bahan seperti alpukat, yogurt, bubuk protein, atau pisang untuk menambah rasa lembut dan nutrisi.

Meskipun potensi jus atau smoothie hijau untuk meningkatkan fungsi otak sangat bergantung pada bahan-bahannya, minuman ini sering kali kaya akan vitamin C dan antioksidan bermanfaat lainnya.

6. Pisang

Pisang mengandung triptofan yang cukup tinggi. Triptofan sendiri merupakan asam amino yang bisa menghasilkan melatonin dan serotonin, yang berperan penting untuk kesehatan otak. Serotonin bahkan bisa meningkatkan kapasitas memori pada otak.

7. Jus wortel

Wortel dikenal dengan komponen sehatnya yang bermanfaat bagi mata. Namun, penelitian terbaru mengungkapkan bahwa makanan ini juga bagus untuk otak.

Seperti sayuran berwarna lainnya, sayuran ini merupakan sumber antioksidan dan memiliki kandungan beta-karoten yang tinggi. Jus wortel dapat mengurangi peradangan sel otak dan meningkatkan daya ingat. Jus wortel sama sekali tidak pahit dan dapat dikonsumsi setiap hari setelah makan.

Dengan informasi diatas, kamu bisa lakukan ini setiap hari ya. Dengan bahan jus yang simpel dan mudah didapatkan kamu tidak terlalu repot untuk membuatnya.

Tinggalkan Balasan