Tips Menyimpan Beras Agar Tidak Berkutu

RUJUKANMEDIA.COM – Beras adalah makanan pokok mayoritas masyarakat Indonesia. Sebagai makanan pokok, beras biasanya disimpan di rumah dalam jumlah cukup banyak sebagai stok bahan makanan.  Beras termasuk bahan makanan yang bisa disimpan dalam waktu lama. Namun, menyimpan beras dalam waktu lama harus dilakukan dengan benar agar tidak berkutu.

Berikut ini sejumlah tips menyimpan beras agar tidak berkutu.

1. Beras simpan didalam wadah yang bersih

Beras bisa bertahan sampai dua tahun, namun beras perlu disimpan dalam wadah khusus. Beras sebaiknya disimpan dalam wadah tertutup rapat. Wadah beras bisa terbuat dari bahan logam, kaca, atau plastik tebal dan berat. Sebelum dimasukkan ke dalam wadah, pastikan wadah dalam kondisi bersih.

Bila perlu, cuci terlebih dahulu wadah beras. Setelah dicuci, pastikan wadah beras kering sebelum digunakan kembali.

2. Jaga kebersihan di sekitar wadah beras

Cara menyimpan beras selanjutnya yaitu menjaga kebersihan di sekitar wadah beras. Artinya, tidak hanya wadah beras yang bersih, namun area di sekitar wadah beras juga harus bersih.  Jika meletakkan wadah beras di dekat tempat makanan kering, maka pastikan tempat makanan tersebut dalam kondisi bersih.  Hal tersebut juga berlaku jika menyimpan beras di dalam lemari, maka lemari harus dalam kondisi bersih.

3. Penyimpanan dengan suhu yang tepat

Tips menyimpan beras lainnya yaitu menyimpan beras di suhu yang tepat. Untuk mencegah kutu beras, maka pastikan beras disimpan di suhu yang ideal.  Beras yang disimpan dalam wadah kedap udara dan diletakkan di area bersuhu dingin bisa bertahan sampai 30 tahun lama. Maka dari itu, beras sebaiknya disimpan di dalam kulkas atau ruangan bersuhu dingin.

4. Simpan beras secukupnya

Menyimpan beras dalam jumlah banyak sebenarnya bukan sebuah masalah. Namun, alangkah lebih baik jika menyimpan beras dalam jumlah secukupnya. Tujuannya agar beras yang disimpan bisa segera dihabiskan dan tidak sampai berkutu.

Jika memiliki banyak beras di rumah, sebaiknya tidak langsung membuka bungkus beras bersamaan. Lebih baik membuka bungkus beras satu persatu agar kualitasnya tetap terjaga.

 

Tinggalkan Balasan