KPU Buka Ruang Untuk Ketua Parpol

CIBINONG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bogor, mulai memanaskan mesin jelang tahun politik dengan mengundang para ketua partai politik (parpol) ke kantornya secara bergantian.

Para ketua partai tersebut diajak ngobrol soal partai dan kepemiluan lewat Podcast KPU Corner.

Koordinator Divisi Sosialisasi, Partisipasi Masyarakat dan SDM pada KPU Kabupaten Bogor, Herry Setiawan mengatakan, KPU Corner merupakan wadah yang di dalamnya meliputi kursus dan pelatihan (courses), berita (news) dan ulasan isu-isu aktual (reviews).

“Jadi ini adalah upaya kami memberikan pendidikan kepemiluan kepada pemilih. Kami membuat playlist video Youtube pada channel KPU KAB BOGOR yang berisi konten-konten kepemiluan,” kata Herry, Minggu (10/10/2021).

Lebih lanjut Herry menjelaskan, video yang disajikan di dalam channel tersebut menggunakan set yang kasual dan dikemas dalam nuansa keakraban ala millenial. Harapannya, dapat menarik perhatian para pemilih muda untuk terlibat aktif dalam kerja-kerja kepemiluan.

Menurut Herry, salah satu materi yang sedang digarap KPU Corner adalah soal kepartaian. Pihaknya mengundang seluruh ketua parpol yang ada di Bumi Tegar Beriman untuk sharing seputar visi misi partai hingga aktivitasnya.

“Ini sedang berjalan, sudah beberapa yang hadir ke sini seperti Partai Garuda, PKB, Gerindra, Nasdem, PDI Perjuangan dan lainnya. Intinya kita akan undang semua ketua partai yang ada untuk ngobrol-ngobrol soal kepartaian dan kepemiluan,” terangnya.

Dia berharap program ini bisa mengenalkan soal kepartaian dan kepemiluan kepada masyarakat secara luas. Format podcast lewat Youtube dipilih untuk menjangkau masyarakat secara luas lantaran kebanyakan masyarakat saat ini biasa mengakses informasi lewat aplikasi digital.

“Kita ingin masyarajat juga mengetahui soal kepartaian, kepemiluan dan hal-hal yang menyangkut KPU. Dengan format digital ini juga jadi lebih mudah diakses,” jelas Herry.

Sementara itu, Ketua KPU Kabupaten Bogor, Ummi Wahyuni mengatakan, KPU Corner ini akan menjadi rangkaian menuju diresmikannya Rumah Pintar Pemilu (RPP) KPU Kabupaten Bogor.

Menurutnya, RPP merupakan pusat informasi seputar kepemiluan yang disajikan lewat berbagai media dan bisa dikunjungi siapapun. Seiring perkembangan zaman, KPU Kabupaten Bogor terus berusaha menyajikan informasi seputar kepemiluan yang mudah diakses masyarakat. Salah satu caranya lewat digitalisasi.

RPP Digital KPU Kabupaten Bogor memiliki konsep yang diberi nama Better, kepanjangan dari Bogor Electoral Technology and Research.

Sesuai namanya, RPP ini menghadirkan informasi kepemiluan lewat teknologi dan riset.

“Kontennya misal kita punya simulator untuk e-voting, kita punya database digital hasil peta politik dari tahun 2004, dan itu per-TPS bisa dilihat. Ada juga electoral games dan aplikasi-aplikasi pendukung lainnya terkait kepemiluan,” terang Ummi.

Ke depan, Ummi ingin materi-materi kepemiluan bisa dipelajari dengan cara yang lebih menyenangkan lewat digital atau e-learning.
Atas inovasi ini, RPP Digital KPU Kabupaten Bogor terpilih menjadi yang terbaik se-Jawa Barat untuk tingkat KPU kabupaten/kota.

“Karena sekarang zamannya digitalisasi, e-learning. Kita berharap KPU Kabupaten Bogor terus berinovasi untuk e-learning, salah satunya lewat Better itu. Sekarang kami juga punya Podcast KPU. Dengan digitalisasi ini juga jadi tidak membatasi kami untuk memberikan edukasi kepada pemilih, seperti saat pandemi ini,” pungkas Ummi.=Khair

Tinggalkan Balasan

1 komentar