Diserbu Orang Tua Siswa Soal Wisuda TK hingga SMA, Kemendikbudristek : Itu Opsional

RUJUKANMEDIA.com – Kemendikbudristek menanggapi desakan para orang tua siswa yang merasa keberatan dengan kegiatan wisuda anak mulai dari Paud, TK, SD, SMP hingga SMA.

Bahkan diketahui, para orang tua siswa tersebut “menyerbu” instagram pribadi milik Mendikbudristek, Nadiem Makarim.

Pada media sosial itu, para orang tua menyampaikan keberatannya akan kegiatan wisuda anak.

Kemendikbudristek pun menanggapi itu. Melalui Plt Kepala Biro Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat (BKHM), Anang Ristanto, kegiatan wisuda itu merupakan kegiatan opsional yang disepakati oleh sekolah dan para orang tua siswa.

“Terkait fenomena dan budaya kegiatan wisuda yang dilakukan oleh satuan pendidikan mulai dari jenjang PAUD/TK, SD, SMP hingga SMA, Kemendikbudristek menegaskan kegiatan wisuda merupakan kegiatan yang opsional,” ujarnya.

Dia menjelaskan, dalam Permendikbud No 75 Tahun 2016 tentang Komite Sekolah, Kemendikbudristek menegaskan, kegiatan bersama antara satuan pendidikan yang melibatkan orang tua dapat didiskusikan dan dimusyawarahkan bersama dengan Komite Sekolah.

Baca Juga : DPR Keberatan Ada Program Marketplace Guru : Dari Namanya Saja Tidak Pantas

Karenanya, Kemendikbudristek mengimbau agar pihak sekolah dapat membuka pintu komunikasi dan bekerja sama dengan Komite Sekolah dan Persatuan Orang Tua Murid dan Guru (POMG).

“Untuk menentukan pilihan yang terbaik untuk setiap sekolah. Pilihan yang ditetapkan tidak boleh membebani pihak orang tua,”tandas Anang.(*)

Tinggalkan Balasan