Ada Cara Ampuh Mengusir Semut di Rumah dengan Bahan Alami

RUJUKANMEDIA.COM – Semua rumah pasti ada yang namanya semut. Terkadang semut bisa menyakiti kita dengan menggigit, selain itu semut juga selalu menggerumut jika ada makanan manis ataupun makanan sisa, ini tentu yang membuat kita sangat terganggu.

Ada cara usir semut dengan bahan alami dan kimia terbukti dapat membantu menjaga kebersihan rumah. Mengusir semut di rumah dengan bahan alami sangat efektif dan aman jika dilakukan dengan cara yang benar.

Menurut National Wildlife Federation, terdapat 12.000 spesies semut di seluruh dunia yang sebagian darinya berbahaya bagi manusia. Semut membawa bakteri sehingga berpotensi menyebarkan penyakit dan infeksi.

 

Dilansir dari laman Healthline, berikut beberapa bahan alami dan cara ampuh mengusir semut di rumah.

1. Bubuk Cabai Hitam atau Cabai Merah

Cabai rawit kering yang telah dihaluskan adalah bahan alami yang dijamin ampuh untuk mengusir semut. Semut akan menghindar karena bau menyengat dari bubuk cabai. Detikers cukup menaburkannya di area tempat bersarangnya koloni semut.

2. Peppermint Oil

Penelitian 2020 menyebutkan minyak peppermint membantu mengusir semut merah invasif Myrmica rubra asal Eropa. Melarutkan 10-20 tetes ekstrak peppermin pada 2 gelas air dijamin mampu menangkal semut. Harap berhati-hati ketika menyemprotkan larutan karena mampu menyebabkan penyakit jika terhirup hewan peliharaan di rumah.

3. Tea Tree Oil

Minyak pohon teh tidak hanya efektif menangkal semut, tetapi juga membunuh lalat. Bahan alami ini memiliki aroma menyengat sehingga tidak disukai serangga. Seperti layaknya minyak esensial lain, jauhkan tea tree oil dari jangkauan hewan peliharaan karena dapat menimbulkan penyakit.

4. Minyak Kayu Putih Ekstrak Lemon

Minyak kayu putih yang diekstrak dari lemon diklaim efektif mengusir serangga. Kandungan serai di dalamnya juga ampuh untuk mengusir semut dan nyamuk. Cara mengusir semut dengan cara ini bisa dilakukan dengan meletakkan bola kapas yang telah direndam pada sudut rumah.

5. Minyak Lemon Eucalyptus (OLE)

Berbeda dengan minyak kayu putih, OLE dibuat dari ekstrak pohon gum eucalyptus. Bahan ini diklasifikasikan sebagai biopestisida yang aman digunakan di rumah. Badan Perlindungan Lingkungan (EPA) menyebutkan, OLE efektif digunakan untuk mengusir serangga dan mudah ditemukan dimana saja.

6. Cuka Putih

Bahan dapur ini ternyata efektif membunuh dan mengusir semut di rumah. Pasalnya semut tidak tahan dengan bau cuka dan akan mengering setelah menciumnya. Cara usir semut dengan bahan ini juga diklaim hemat karena harganya yang murah.

7. Tepung Maizena

Tepung maizena tidak hanya cocok untuk bahan masakan, tetapi juga membasmi semut dalam jumlah besar. Terdapat dua cara yang bisa digunakan yaitu menuangkan larutan maizena ke sarang semut. Cara kedua dapat dilakukan dengan menuangkan tepung maizena di area bersarangnya semut kemudian menyedotnya dengan vacuum cleaner.

8. Minyak Kayu Manis

Penelitian pada tahun 2008 menjelaskan senyawa esensial pada daun kayu manis efektif membunuh dan mengusir semut. Detikers cukup merendam bola kapas dalam minyak kayu manis dan menyebarkannya di sekitar rumah. Meskipun relatif aman, pastikan untuk menjauhkan minyak kayu manis dari jangkauan hewan peliharaan.

9. Minyak Nimba

Minyak nimba adalah insektisida alami yang berasal dari ekstrak pohon mimba di India. Penggunaan minyak nimba dapat mengurangi, mengusir, bahkan mencegah reproduksi serangga. Cara terbaik memanfaatkan minyak ini adalah dengan menyemprotkannya di tempat koloni semut hidup.

10. Ampas Kopi

Ampas Kopi yang selama ini dianggap sampah ternyata dapat digunakan mengusir semut di rumah. Detikers bisa meletakkannya di area jendela maupun tempat berkumpulnya semut. Efektivitas ampas kopi dalam mengusir semut akan menurun seiring mengeringnya bahan tersebut.

11. Lemon

Seluruh bagian lemon dapat digunakan untuk mengusir semut di rumah. Menyemprot jus lemon dapat menghilangkan jejak feromon dan menutupi aroma makanan. Selain itu kulit lemon juga efektif menangkal semut jika diletakkan di sudut dapur atau area lemari.

12. Garam

Garam sudah dikenal sebagai penangkal serangga atau hewan berbahaya seperti ular sejak zaman dahulu. Menaburkan garam di dapur dapat mengurangi serangan koloni semut. Penyemprotan dengan larutan air juga dijamin efektif mengusirnya dari sudut rumah.

13. Boraks (Sodium tetraborate)

Boraks adalah zat yang mirip tepung berwarna putih untuk pembersih, pengemulsi, atau pengusir serangga. Mengusir semut dengan cara ini dapat dilakukan dengan mencampurkan 1/2 sdt boraks dengan 8 sdt gula pasir di air hangat.

Celupkan bola kapas pada larutan dan letakkan di sudut rumah. Pastikan selalu menggunakan sarung tangan dan mencuci wadah yang habis digunakan karena bahan ini memiliki kandungan berbahaya.

14. Tanah Diatom (Silikon dioksida)

Tanah diatom adalah silika yang terbuat dari sisa fosil organisme air diatom. Bahan alami ini dapat membunuh semut dengan menyerap minyak tubuh dan mengeringkannya.

Oleh sebab itu, berhati-hatilah saat menggunakan tanah diatom karena dapat menyebabkan iritasi ketika terkena kulit. Taburkan bahan tersebut di area bersarangnya koloni semut.

15. Detergen Cair atau Pembersih Kaca

Semut menggunakan jejak feromon beraroma agar bisa kembali ke sarangnya. Di sinilah peranan pembersih kaca dan detergen cair untuk menghilangkan bau dan jejak sehingga semut tidak kembali lagi.

Cara usir semut dengan bahan ini juga cukup mudah karena hanya disemprotkan dengan larutan air. Lantai rumah juga akan semakin wangi ketika mengusir semut dengan cara ini.

Kamu bisa memilih satu atau beberapa cara ampuh mengusir semut dengan bahan alami yang dirasa efektif. Selanjutnya, jangan segan membersihkan dan merapihak rumah tiap saat untuk mencegah serangan semut.

 

Posting Terkait

Tinggalkan Balasan