Aset Daerah Banyak Diserobot Komisi I ‘Berguru’ ke Bali

 

 

BOGOR – Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Bogor, Usep Supratman mengatakan, Pemerintah Kabupaten Bogor harus meningkatkan pengamanan terhadap aset daerah agar tidak diserobot oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

 

Menurutnya, langkah tersebut perlu dilakukan mengingat tingginya kasus penyerobotan lahan milik Pemda di Bumi Tegar Beriman .

 

“Dalam waktu dekat, Komisi I akan menggelar rapat dengan Setda soal keamanan aset. Ini yang menjadi salah satu alasan, kenapa Komisi I perlu belajar dari Daerah Bali. Aset mereka semuanya aman,” ujar, Usep Supratman, Selasa (8/3).

 

 

Pernyataan tersebut sekaligus menkonfirmasi perjalanan kunjungan kerja Komisi I ke Pulau Dewata. Menurut dia, apa yang dilakukan oleh Bali dalam pengamanan aset daerah bisa dijadikan contoh untuk diterapkan di Kabupaten Bogor.

 

“Tentu yang ingin kita pelajari adalah bagaimana mereka melakukan hal tersebut dan apa yang dibutuhkan oleh pemerintah dalam menjaga aset milik daerah,” katanya.

 

Usep meyakinkan, kunjungan kerja tersebut dilakukan sesuai dengan mekanisme yang berlaku dalam perjalanan dinas di lembaga DPRD. Dia juga membantah jika tidak ada koordinasi dengan pimpinan. Bahkan, kata dia, kunjungan kerja DPRD sudah teranggarkan di APBD 2022.

 

“APBD 2022 kan berlaku terhitung 1 Januari. Dan kunjungan kerja ini resmi, pendamping komisi dan Kabag (kepala bagian) juga ikut. Komisi I tidak mungkin berangkat kalau tidak sesuai dengan mekanisme,” katanya.

 

Kunjungan kerja, lanjut politisi PPP tersebut merupakan bagian dari tupoksi anggota DPRD. Hal tersebut, berlaku di seluruh Indonesia dan juga berlaku di lembaga eksekutif.

 

“Yang paling penting, ada hal baik yang nantinya bisa kita terapkan di Kabupaten Bogor, dalam hal ini berkaitan dengan pengamanan dan pengelolaan aset-aset kita,” tandasnya (*)

Tinggalkan Balasan