Kabupaten Bogor Segera Bentuk Satgas Perlindungan Anak di Setiap Desa

Rujukanmedia.com – Pemerintah Kabupaten Bogor, Jawa Barat, berencana membentuk Tim Satgas di setiap desa untuk memastikan anak-anak mendapatkan perlindungan dan fasilitas yang layak.

Pelaksana tugas (Plt) Bupati Bogor Iwan Setiawan usai rapat koordinasi Kabupaten Layak Anak (KLA) di Cibinong, Bogor, Rabu (7/6/2023), menyebutkan bahwa pembentukan satgas tersebut sebagai upaya untuk membuat Kabupaten Bogor menjadi KLA.

“Upaya kita membentuk satgas sampai ke tingkat desa dan kelurahan. Itu adalah salah satu upaya untuk mencegah terjadinya hal-hal yang negatif kepada anak yang kurang baik,” kata Iwan.

Baca juga: Pemkab Bogor Resmikan Bangunan Polsek Seharga Rp2,5 Miliar

Selain itu, Iwan mengaku akan mendorong sejumlah sarana prasarana umum agar memfasilitasi tempat khusus anak.

“Seperti tempat bermain anak, baik itu di rumah sakit, sekolah atau puskesmas. Itu harus ada, dan ada juga tempat perlindungan anak,” papar dia.

Upaya untuk mendapatkan kategori layak anak itu juga dilakukan pemerintah Kabupaten Bogor melalui peraturan-peraturan, salah satunya Peraturan Daerah (Perda).

Baca juga: Tak Mau Tahu, Gubernur Emil Minta Pemkab Bogor Laporkan Evaluasi RSUD Parung

“Kita sedang bahas juga, kemarin di eksekutif mengusulkan juga tentang Perda layak anak, dan ini mudah-mudahan tahun ini selesai,” tutup dia.

Tinggalkan Balasan