Tahapan Pilkada Resmi Diluncurkan, Pendaftaran Calon Bupati Dibuka 27 Agustus 2024

 

RUJUKANMEDIA.comKomisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bogor resmi memulai tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024. Pendaftaran pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati akan dimulai pada 27 Agustus 2024.

Sebelum pendaftaran, KPU Kabupaten Bogor akan mengawalinya dengan pengumuman pendaftaran pasangan calon dari tanggal 24 hingga 26 Agustus 2024. Setelah itu, pada 27 Agustus pendaftaran akan dibuka.

Tahapan selanjutnya, KPU akan meneliti persyaratan calon dari tanggal 27 Agustus hingga 21 September 2024. Kemudian, pada tanggal 22 September 2024, akan dilakukan penetapan calon yang berhak menjadi kontestan dalam Pilkada Kabupaten Bogor.

KPU juga akan mengatur pelaksanaan kampanye dari tanggal 25 September hingga 23 November 2024, sebelum akhirnya dilakukan pemungutan suara pada tanggal 27 November.

Baca Juga : KPU Gunakan Metode Sensus untuk Verifikasi 252.814 Dukungan ke Gunawan Hasan-Rudi Harianto 

Setelah itu, KPU Kabupaten Bogor akan melakukan penghitungan suara dan rekapitulasi hasil penghitungan suara dari tanggal 27 November hingga 16 Desember 2024.

Ketua KPU Kabupaten Bogor, M Adi Kurnia, mengatakan bahwa pesta demokrasi Pilkada akan menjadi tahapan yang cukup padat. Hal ini karena jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) di Kabupaten Bogor tercatat sebagai yang terbanyak tingkat kabupaten di seluruh Indonesia.

“Kita memiliki pemilih sebanyak 3.924.292 yang telah kami petakan TPS-nya. Data sementara untuk KPU Kabupaten Bogor mencatat sebanyak 7.686 TPS, tersebar di 40 Kecamatan,” kata Adi usai peluncuran dan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati 2024 di Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor, Minggu 9 Juni 2024.

Baca Juga : Tak Indahkan Warning Bawaslu, KPU Tetap Lantik Tiga PPK Pelanggar Etik Pemilu

Tidak hanya itu, kata Adi, untuk Pilkada ini Kabupaten Bogor juga akan melaksanakannya di sebanyak 7.686 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang tersebar di 40 Kecamatan dengan total Petugas Pemutakhiran Data Pemilih atau Pantarlih sebanyak 1.305 orang.

Namun, Adi tidak menutup kemungkinan akan ada penambahan TPS pada Pilkada Kabupaten Bogor. Hanya saja, dia belum bisa merinci di mana saja tempat tersebut akan dibangun.

“Ada potensi penambahan karena nanti akan ada TPS lokasi khusus,” kata dia.

Sekedar informasi, kegiatan tersebut juga dibarengi dengan peluncuran Maskot Pilkada Kabupaten Bogor dimana KPU telah menetapkan Macan Tutul sebagai maskotnya.(*)

Tinggalkan Balasan