Lakukanlah Kebiasaan Ini Pada Malam Hari Agar Kecerdasan Otak Kamu Meningkat

RUJUKANMEDIA.COM – Cerdas berarti memiliki kemampuan untuk berpikir secara cepat dan tajam dalam memahami sebuah kondisi. Kecerdasan seseorang dapat ditingkatkan melalui kebiasaan tertentu.

Bahkan saat hari sudah mulai gelap pun, masih bisa dimanfaatkan untuk melakukan aktivitas yang menunjang peningkatan kecerdasan otak.

Dikutip dari beberapa sumber, berikut beberapa kebiasaan pada malam hari yang bisa kamu tiru agar kecerdasan otak makin meningkat..

1. Minum air yang cukup

Kebiasaan pertama yang bisa bantu meningkatkan kecerdasan otak adalah minum air yang cukup. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang dengan tingkat hidrasi yang rendah mengalami penurunan kinerja kognitif yang memengaruhi kecepatan berpikir serta kurang fokus.

Selain itu, dehidrasi yang disebabkan kurangnya minum air dapat meningkatkan risiko demensia pada orang berusia di atas 65 tahun. Minumlah segelas air sedikit demi sedikit dua jam sebelum tidur.

2. Membaca

Membaca secara konsisten terbukti dapat membantu tidur, mengurangi kecemasan, dan meningkatkan kesehatan otak. Orang yang membaca dengan rutin diyakini memiliki hasil kognitif yang baik.

Manfaat lain yang diperoleh dari kebiasaan membaca adalah membantu mengurangi risiko demensia pada seseorang. Oleh karena itu, luangkanlah waktu walaupun hanya sekadar membaca novel, koran, atau majalah favoritmu.

3. Jauhkan ponsel dua jam sebelum tidur

Bermain ponsel sebelum tidur dapat mengurangi kapasitas kognitif, termasuk ingatan, penalaran, pemecahan masalah, hingga kreativitas seseorang. Hal ini disebabkan oleh paparan cahaya biru dari ponsel yang menekan hormon melatonin sehingga membuat susah tidur.

Bahkan, dampak tersebut akan tetap ada meskipun ponsel sedang dalam mode senyap atau dimatikan. Meletakkan ponsel yang jauh dari tempat tidur bisa membantu mengurangi dampak ini.

4. Jadwal tidur yang konsisten

Tidur secara nyenyak adalah kunci untuk memiliki otak yang sehat dan bahagia. Salah satu cara terbaik untuk memperolehnya, yaitu dengan jadwal tidur yang konsisten.

Penelitian pada tahun 2021 mengungkap bahwa orang dengan jadwal tidur yang tidak teratur lebih cenderung mengalami depresi dan memiliki suasana hati yang buruk. Oleh karena itu, penting untuk mengatur jadwal tidur tetap konsisten agar fungsi kognitif otak terjaga.

5. Berjalan-jalan di alam terbuka

Studi yang dilakukan oleh Current Directions in Psychological Science pada tahun 2019 menunjukkan bahwa alam terbuka dengan hamparan daun hijau memberikan efektivitas pada fungsi kognitif otak terlebih pada sebuah memori. Tak hanya itu, alam terbuka juga bisa meningkatkan kesehatan mental, seperti depresi dan gangguan kecemasan.

Tidak harus berjalan-jalan di hutan, kamu bisa melakukannya di taman yang asri dan nyaman. Lakukanlah terutama pada malam hari untuk meningkatkan kecerdasan otak kamu. Selamat mencoba ya..

 

Tinggalkan Balasan