Harga Daging Sapi Diprediksi Tembus Rp150 Perkilogram Jelang Idul Fitri 

RUJUKANMEDIA.comPemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor mencatat adanya pergerakan harga pangan menjelang Hari Raya Idul Fitri di Pasar Cibinong.

Salah satu perubahan yang terjadi adalah kenaikan harga daging sapi, yang diprediksi naik dari Rp135 ribu per kilogram menjadi Rp150 ribu per kilogram.

Pj Bupati Bogor, Asmawa Tosepu, menjelaskan bahwa fluktuasi harga tersebut disebabkan oleh dinamika pasar, di mana permintaan masyarakat meningkat menjelang perayaan.

“Beberapa bahan pokok jelang lebaran mulai mengalami perubahan harga. Daging sapi yang biasanya sekitar Rp135 ribu, diperkirakan akan mencapai Rp150 ribu per kilogram menjelang hari lebaran. Hal ini merupakan respons terhadap meningkatnya kebutuhan masyarakat,” ujar Asmawa saat mendampingi kunjungan kerja Komisi IV DPR-RI di Pasar Cibinong, Senin 1 April 2024.

Baca Juga : Polres Bogor Sediakan 15 Ton Beras Murah untuk Masyarakat 

Untuk mengatasi dampak kenaikan harga tersebut, Asmawa menyatakan bahwa Pemkab Bogor telah mengambil sejumlah langkah, termasuk menggelar operasi pangan murah. Dia juga menegaskan bahwa stok pangan di Kabupaten Bogor untuk tiga bulan ke depan dalam kondisi aman, sehingga operasi pasar murah dapat terus dilaksanakan.

“Kami secara rutin mengadakan operasi pasar murah di beberapa titik di Kabupaten Bogor, termasuk di Pasar Cibinong. Hal ini kami lakukan untuk membantu meringankan beban masyarakat di tengah kenaikan harga barang pokok,” tambahnya.

Baca Juga : Warga Cibinong Serbu Pangan Murah Pemkab Bogor Jelang Ramadan

Di sisi lain, anggota Komisi IV DPR RI, Ravindra Airlangga Hartarto, mengungkapkan bahwa pihaknya telah berkoordinasi dengan Badan Pangan Nasional (Bapanas) terkait kondisi harga dan ketersediaan bahan pangan di pasaran.

“Kami memantau pergerakan harga serta melihat program Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP), terutama terkait ketersediaan stok beras. Program ini bertujuan untuk menekan dan mengantisipasi kenaikan harga beras,” ujar Ravindra.

Baca Juga : 361 Ton Beras Disiapkan Pemkab Bogor Antisipasi Kerawanan Pangan

Berdasarkan pemantauan tersebut, Ravindra menyatakan akan segera berkoordinasi dengan berbagai pihak terkait untuk melakukan intervensi guna menekan kenaikan harga dan memastikan ketersediaan stok pangan menjelang Lebaran.

“Kami akan terus meningkatkan intervensi pasar melalui regulasi untuk menstabilkan harga pangan, khususnya daging, serta memastikan sasarannya sesuai dengan yang membutuhkan stabilisasi harga pangan,” tandasnya. (*)

Tinggalkan Balasan